FeaturedNews

CRX: Proyek Keroyokan Member Guards hingga The Strokes

Saya kemarin belum begitu ngeh ketika Guards, band indie rock asal New York, mem-posting agenda gig band lain di feed Instagram mereka. “Barangkali mereka akan jadi bagian dalam gig itu,” pikir saya sambil berlalu dan keganjian itu begitu cepat menguap. Namun pagi ini semuanya menjadi lebih jelas. Saya buka kembali feed @guards, saya lihat lagi unggahan foto mereka kemarin.

CRX
CRX: Proyek Keroyokan Member Guards hingga The Stokes

Dan ternyata band yang mereka posting itu adalah CRX, proyek band dari Richie Follin sang frontman Guards, yang dikerjakan keroyokan bersama Nick Valensi dari The Strokes, Ralph Alexander dari The Dose, serta Darian Zahedi dan Jon Safley dari The Reflections. Lucu juga melihat promosi terselubung dari Richie yang memang menjadi admin satu-satunya akun Instagram Guards. Beberapa pengikut akun tersebut pun sempat protes dan mengomentari kelakuan Richie karena khawatir proyek barunya akan mengganggu keberlangsungan Guards. Namun Richie meyakinkan mereka dengan membalas “Guards tengah dalam proses mixing album, seperti yang sudah kita bicarakan.

CRX (dibaca see-are-ex) masih sangat-sangat muda. Belum banyak informasi yang bisa dikulik, bahkan tipikal musik yang mereka mainkan masih menjadi tanda tanya. Menarik pula menerka-nerka musik seperti apa yang dihasilkan CRX jika latar belakang masing-masing personil dirinci lebih lanjut. Nick di The Strokes begitu kental dengan nuansa garage, new wave, hingga post-punk revival. Ralph sangat fasih dengan hentakan-hentakan drum khas grunge dan punk. Richie sendiri begitu intens dengan indie rock dan dream pop bila bersama Guards, begitu juga dengan Darian maupun Jon yang syahdu memainkan nada-nada dream pop di The Reflections. Bila ditakar, barangkali hasil formulanya akan terdengar seperti psychedelic. Entahlah…

Jika melihat sejumlah akun sosial media band ini, umur mereka baru empat hari karena seluruh jejaring sosial CRX baru dibuat pada Senin (1/8/2016) lalu. Tetapi, mereka sungguh padat jadwal. Meski belum merilis satupun lagu, dalam bulan Agustus ini ada empat gig yang siap mereka jalani di kawasan Los Angeles dan New York. Gig pertama mereka sendiri bertempat di The Hit Hat, salah satu bar hits di LA. Lalu pada bulan September, tur mereka terus berlanjut dengan berkolaborasi bersama Beck dalam tiga konser sekaligus. Pemesanan tiket untuk setiap penampilan mereka juga telah dibuka.

Tickets on sale this Friday at noon, local time ?

A photo posted by CRX (@crxmusic) on

Konsep yang mereka gunakan mengingatkan saya pada konsep pemasaran produk-produk terkini melalui optimalisasi sosial media. Meningkatkan impresi melalui citra, menduplikasi rasa keingintahuan orang-orang melalui gambar dan kata-kata bak para influencer di jejaring sosial. Apakah band ini akan tergolong overrated nantinya? Who knows, kita nantikan saja tayangan penampilan perdana CRX di kanal Youtube.

Tags
Show More
Close
Close