EntertainmentFeaturedMusicNews

Setelah Tampil Bareng Di Brit Awards, Ed Sheeran Dan BMTH Resmi Merilis “Bad Habits” Versi Duet

Beberapa waktu lalu jagat tiktok diguncang dengan lagu baru yang seketika menjamur dan jadi sound populer yang digunakan kebanyakan konten kreatornya, yaitu lagu “Bad Habits” gubahan Ed Sheeran. Seakan tak mau kalah, jagat YouTube juga diguncang Ed Sheeran. Pasalnya, di beranda YouTube terpampang video berjudul “Ed Sheeran – “Bad Habits” (feat. Bring Me The Horizon) [ at BRIT Awards 2022]” yang diunggah langsung oleh di kanal pribadinya (9/2). Belum reda perbincangan tentang penampilannya di BRIT Awards, BMTH meluncurkan official audio dari “Bad Habits” versi duet ini.

Kolaborasi ini menghadirkan nuansa yang berbeda dari lagu aslinya. Vokal lebih powerful dan lebih terbuka. Dan tentu saja, instrumen musik yang mengiringinya juga berdistorsi dan lebih garang dari rekaman resminya. Jelas, identitas BMTH terdengar di sini. Di verse kedua, Sykes akhirnya memulai bagiannya. Vokal dengan grain yang khas dengan sedikit breathy ini memberi tekstur yang berbeda pada lagu ini. Keras sekaligus rapuh. It’s sounds good. Ditambah part breakdown lagu ini diisi dengan distorsi, tabuhan drum, dan nuansa elektronik yang bergabung dengan serasi. Bagian ini mengingatkan kita pada BMTH era 2016 saat album That’s The Spirit rilis dan menuai perdebatan para fansnya. Dan tentu saja, nuansa baru yang dibawa cs ini memberi energi lebih dari pada lagu originalnya. Diakhiri dengan breakdown a la electronic-core dan fry scream Oli, perjalanan “Bad Habits” selama 4 menit 11 detik akhirnya usai.

Sebetulnya, “Bad Habits” versi duet ini tidak jauh berbeda dengan performance mereka di yang lalu. Dan tentu saja itu wajar. Karena mungkin, bahkan bisa jadi kemungkinannya sangat kuat, lagu ini sudah direkam dan sudah siap dirilis sebelum penampilan mereka digelar. Masalah strategi marketing saja yang akhirnya lagu ini diputuskan untuk rilis setelah duet mereka terselenggara. Namun, perilisan track resmi setelah menonton penampilan Ed dan BMTH sebelumnya, sedikit mengurangi excitement pada lagu ini. Bagi saya yang juga fans keduanya, tentu sangat gembira melihat musisi lintas genre ini berkolaborasi. Dan rasa penasaran saya tuntas sempurna ketika menonton penampilan duet mereka. Saat versi official audionya dirilis, tentu, sebagai pendengar yang mengikuti mereka berdua dari lama, saya punya harapan lebih pada rilisan ini. Pertanyaan serupa “apa yang berbeda dari mereka?”, atau “adakah hal-hal menarik lainnya yang tidak ditampilkan pada saat live performance?” muncul sesaat sebelum memutar lagu ini. Saya punya harapan kalau Pertanyaan-pertanyaan tadi akan dijawab dengan cara yang spektakuler seperti penampilan mereka sebelumnya. Tetapi, setelah diputar, ternyata tak ada yang jauh berbeda dari live performance sebelumnya. Seperti yang saya bilang sebelumnya, kesamaan ini wajar saja. Hanya saja kekecewaan ini datang dari harapan yang terpantik karena video duet mereka yang terlebih dahulu rilis. Kalau saja polanya dibalik, tentu akan lebih menarik.

Pertanyaan selanjutnya adalah: apakah lagu ini bagus? Ya dan juga tidak sebagus itu. Pertama, lagu ini bagus karena kolaborasi ini seperti datang entah dari mana, tanpa diduga. dan BMTH adalah musisi paling menarik di masing-masing genrenya beberapa tahun terakhir. Ketika mereka bertemu dalam satu projek, rasanya too good to be true untuk terjadi. Kemudian jika dibandingkan dengan lagu aslinya, jelas lagu ini lebih menarik. Melihat sisi rock yang jarang terlihat dan cemerlangnya BMTH dalam beradaptasi membuat lagu ini lebih bernyawa dan bertenaga. Kemudian, jika harus melihat dengan scoop yang lebih lebar, lagu ini tidak sebagus itu. Penampilan band rock atau underground yang menyanyikan lagu pop tentu bukan hal baru yang terjadi. Dulu, series Punk Goes Pop sudah menyajikannya, bahkan berjilid-jilid. Dan “Bad Habits” versi duet ini punya rasa yang familiar dengan serial ini. Bukan sesuatu yang buruk, tapi lagu ini juga tidak semenarik itu.

Simpulannya, “Bad Habits” versi duet ini menarik jika dibandingkan dengan lagu versi solo Ed Sheeran, namun biasa saja jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas. Terlebih lagu ini dirilis setelah performance mereka yang bikin hati sedikit kecewa.

Lagu “Bad Habits” versi duet ini sudah bisa dinikmati di layanan putar resmi BMTH dan Ed Sheeran.

Setelah Tampil Bareng Di Brit Awards, Ed Sheeran Dan BMTH Resmi Merilis “Bad Habits” Versi Duet 1
Show More

Muhamad Rizqi

Menulis adalah bumbu untuk hidup yang begini melulu.
Back to top button