MusicNew ReleasesVideo Post

Party Fungi Warna-Warni di Single Terbaru Björk Berjudul ‘Atopos’

Always Be Björk. Penyanyi eksentrik yang satu ini kembali menggetarkan dunia musik internasional. Sebelumnya, ia mengumumkan kolaborasinya bersama Kasimyn dari Gabber Modus Operandi, merilis artwork, hingga akhirnya melepas video musik single terbarunya, ‘Atopos’. Single yang jadi pembuka untuk album kesepuluh miliknya, Fossora. (Baca : Hendak Rilis Album Baru, Björk Gaet Musisi Indonesia, Gabber Modus Operandi)

Seperti yang dikatakan di awal, adalah Björk. Secara sonic, ‘Atopos’ adalah sekelumit bunyi yang begitu berat. Coba cermati saat memutar lagu yang satu ini. Enam klarinet bass dan suara detail seperti beat yang rancak namun dalam dan bebunyian lainnya membuat single sepanjang 3 menit 49 detik ini sesuai dengan judulnya: ‘Atopos’ a.k.a tidak biasa.

Dinamika yang dibangun dalam single ini juga menarik. Sebuah ambience yang mengawali lagu ini menyedot  perhatian seketika. Di menit awal, klarinet bass dan beat yang mungkin mirip dengan ketukan samba bertalu, membawa verse pertama berlalu. Hingga di menit 1:25, nuansa lagu berubah menjadi aneka macam bebunyian, klarinet yang berat dan nyanyian yang lebih lirih dari part sebelumnya. Part ini seperti perjalanan transcendental dalam lorong sunyi imajinasi sebelum akhirnya kembali pada suasana meriah dan penuh warna-warni. You know what I mean. Ehm.. Okay, next kita bahas soal videonya.

Dalam video klip, menampilkan pesta fungi yang penuh dengan warna-warni. Kombinasi warna, kostum, makeup, hingga koreografi dan typography hadir secara mengejutkan. Semacam pengalaman alam bawah sadar yang merangkak keluar, kemudian menyelimuti realitas kita, menjadi dunia yang berwarna dan mengawang. Hijau, ungu, bulu dan gelembung. Segala macam elemen yang bersanding dengan tata cahaya, tarian off-beat juga spontan, menjadikan single pembuka dari yang satu ini menjadi menarik.

Apakah ‘Atopos’ jadi lagu yang layak untuk didengarkan? Tentu, tapi bukan untuk semua orang. Lain hal bila kamu adalah seorang petualang dalam mendengarkan musik. Nampaknya, lagu ini bisa jadi salah satu pengalaman yang unik: antara mengagumkan sekaligus membingungkan. But, yeah, beginilah adanya: Always Be Björk.

Party Fungi Warna-Warni di Single Terbaru Björk Berjudul ‘Atopos’ 1
Show More

Muhamad Rizqi

Menulis adalah bumbu untuk hidup yang begini melulu.
Back to top button