Album ReviewsMusic

“Nicole”: Masa Lalu NIKI dan Masa Depan Nicole Zefanya

“Nicole”: Masa Lalu NIKI dan Masa Depan Nicole Zefanya 1

Dirilis pada 12 Agustus 2022, album kedua yang diberi judul ‘Nicole’ bercerita tentang kisah-kisah cinta melalui lirik dengan gaya storytelling yang lugas. Ia berusaha untuk membaurkan beberapa genre musik dalam album ini, sehingga tidak terjebak dalam satu genre saja, namun gaya NIKI bernyanyi menjadi sebuah benang merah dan album ini secara umum adalah kumpulan beragam kisah hubungan romansa muda-mudi.

Beberapa ‘cerita’ yang dinyanyikan diantaranya ada; “High School in Jakarta” yang menggambarkan kisah cinta anak remaja SMA (walaupun mungkin kita bingung ini SMA yang mana ya?), “Backburner” yang berbicara tentang kerelaan seseorang untuk dinomor-duakan oleh seseorang yang dicintainya, dan “Apartment We Won’t Share” yang membahas tentang bagaimana mengikhlaskan sebuah hubungan sembari seperti diayun perlahan dengan suara NIKI.. Judul-judul diatas adalah salah tiga dari dua belas lagu yang menjadi bagian dari rangkaian album “Nicole” ini.

Album ini sebenarnya adalah gabungan dari lagu baru dan rilisan lamanya yang dulu pernah ia rilis sebagai “Nicole Zefanya” di beberapa platform streaming musik digital sebelum ia berkarya di bawah naungan 88Rising. Lagu-lagu seperti “Anaheim”, “Oceans & Engines”, “On the Drive Home”, dan “Milk Teeth” mungkin sudah familar di telinga penggemar NIKI yang sudah mengikutinya sejak ia masih duduk di bangku SMA. Dengan memadukan karya baru dan lamanya di album ‘Nicole’, NIKI memperkuat tema besar albumnya, yaitu mempertunjukkan sisi-sisi Nicole dari sejak ia SMA hingga kini.

Hal yang cukup menarik setelah mendengar masing-masing lagu secara back-to-back adalah gaya menulis yang cukup konsisten sejak ia mulai berkarya. Baik lagu baru ataupun lamanya penuh dengan diksi yang menarik sehingga penyampaian cerita masing-masing lagunya memiliki gaya tutur yang unik.

Perbedaan jika dibandingkan dengan rilisan-rilisan sebelumnya adalah, di album ini, menulis liriknya dengan cara to the point dan mengandung frasa-frasa yang tidak terkesan penuh dan “ribet” bagi pendengar untuk menangkap makna lagunya. Jika mendengar ulang rilisan lamanya seperti “Lowkey” dan “Indigo”, NIKI cenderung menulis lirik yang terdengar “ramai”, terkesan terburu-buru, dan barangkali sulit untuk dicerna pendengar dalam sekali dengar saja. Di album keduanya ini, NIKI cukup berhasil menulis karya yang terdengar lebih santai secara lirikal sehingga mungkin bisa terdengar lebih relatable oleh pendengarnya.

“High school in Jakarta, sorta modern Sparta. Had no chance against the teenage suburban armadas..” adalah penggalan lirik dari bagian chorus “High School in Jakarta” yang menjadi bahasan di kalangan pendengar NIKI karena bagi sebagian telinga terdengar maksa. Namun, penulisan yang unik pada lagu ini, ditambah dengan melodi yang cukup catchy, dipantau berhasil menjadi daya tarik yang kuat bagi pendengar, menjadikan track ini sebagai yang paling populer diantara track-track lainnya di album “Nicole”.

Sebagai album keduanya, “Nicole” menjadi langkah lanjutan NIKI untuk berkarya sesuai dengan self-expression-nya sendiri, tanpa dikotak-kotakkan oleh genre dan formulasi musik yang kaku. Dibuktikan dengan adanya track yang disajikan dengan sedikit sentuhan yang diiringi alunan gitar akustik, seperti “Apartment We Won’t Share”, “Anaheim”, dan “On the Way Home” dan kemudian ada “Before”, “High School in Jakarta”, dan “Keeping Tabs” yang dibawakan dengan gaya musik populer upbeat 2010-an. Di sisi lain, bisa dilihat dari segi penulisan, mayoritas lagu-lagu di album ini yang ditulis tanpa bagian bridge atau bagian puncak yang menjadikannya ringan untuk didengar dan dinikmati.

Pendengar setia NIKI mungkin sudah tak asing lagi mendengarkan musik yang meleburkan berbagai genre musik dalam rangkaian album NIKI semenjak dirilisnya ‘Moonchild’ di tahun 2020. Pada era itu, NIKI menetapkan untuk keluar dari zona nyaman, yaitu tempurung yang menjadi cap kuat terhadap nama NIKI awal mula ia berkarya. Dengan dirilisnya ‘Nicole’ Agustus 2022 lalu, penggemar NIKI semakin menantikan karya-karya eksploratif lainnya di masa depan karir bermusik a.k.a. NIKI.

(ZZ/VRD)

“Nicole”: Masa Lalu NIKI dan Masa Depan Nicole Zefanya 2

“Nicole”: Masa Lalu NIKI dan Masa Depan

“Nicole”: Masa Lalu NIKI dan Masa Depan

Score : 3,5 Bintang Nama penyanyi : NIKI Label : 88rising Records Tanggal Rilis : 12 Agustus 2022

User Rating: 4.2 ( 1 votes)
Show More

Razita Puti

Penulis musik yang ingin menulis tentang musik
Back to top button