ConcertFeaturedNewsVideo Post

Menduga Lineup Fase Pertama We The Fest 2017

Adiksinya memecahkan #KodeWTF17 mendekati permainan teka-teki silang. Analisis kami sempat terganggu harapan dan keinginan yang beradu dengan kenyataan.

Salah dua gelaran festival sukses (dan masih bertahan) di Indonesia saat ini merupakan hasil godokan promotor Ismaya Live. Djakarta Warehouse Project sudah membuktikan selalu menjadi pilihan utama penikmat musik dansa-ajojing di Indonesia. Selain DWP, Ismaya juga menggelar We The Fest. Dengan konsep musik yang lebih baur-genre, pilihan lineup WTF kerap membuat kita mengumpat kekaguman.

Untuk perhelatan tahun ini ada 10 petunjuk diberikan pihak We The Fest melalui unggahan di akun sosial media mereka. Kami sempat abai dan tak peduli, sebelum akhirnya menghabiskan waktu lebih dari 10 jam di depan layar monitor mencoba memecahkan #KodeWTF17. Hingga tulisan ini kami rampungkan, sudah ada lebih dari 2000 komentar pada postingan tersebut. Maka tulisan ini hadir guna menenangkan khalayak jamaah-we-the-fest sekalian.

Guna lebih memudahkan pemahaman atas dugaan-dugaan kami, maka analisis akan kami bagi berdasar sejauh apa kami yakin dengan jawaban pilihan kami. Ya namanya saja dugaan, karna kami tak punya kenalan orang dalam.

Here it is! Our #KodeWTF17! Can you guess the international acts in our phase 1 lineup? #WTF17

A post shared by WE THE FEST (@we.the.fest) on

 

SANGAT YAKIN

Dengan tingkat rasa percaya diri hingga 90%, ada beberapa #KodeWTF17 yang masuk dalam kategori ini. Ada beberapa pilihan alasan, pertama: kode yang begitu kuat / mudah dipecahkan. Kedua, penampil-penampil dibawah ini sedang berada di kawasan Asia saat perhelatan #WTF2017 akan digelar 11, 12, 13 Agustus 2017 mendatang.

Phoenix (Lukisan wajah Wolfgang Amadeus Mozart)

Sempat rumit menduga-duga. Kami sangat yakin kode ini merujuk pada band elektronis asal Prancis “Phoenix”. Band ini memiliki album berjudul “Wolfgang Amadeus Phoenix” yang dirilis tahun 2009 silam. Selain itu Phoenix juga dipastikan tampil pada Summer Sonic Festival 2017. (Baca: Festival Summer Sonic 2017 Umumkan Lineup Yang Dinantikan.)

Daya (Iklan deterjen Daia)

Penyanyi bernama asli Grace Martine Tandon ini sedang naik daun setelah rilis album debut “Sit Still, Look Pretty”.  Kami mencoba melakukan penelusuran jadwal tur gadis asal Amerika ini dan hanya menemukan hingga 9 April mendatang. Kemungkinan masih cukup besar bagi Daya untuk melakukan tur Asia. Namun pilihan kode iklan deterjen oleh WTF sepertinya sudah cukup terang benderang.

Dua Lipa (Dua bibir)

Salah satu ciri utama We The Fest adalah mengejar musisi baru yang sedang naik daun. Dua Lipa masuk dalam kategori tersebut. Dengan kode yang jelas ditambah turut sertanya penyanyi asal Inggris ini pada festival kenamaan asal negeri sakura, Summer Sonic 2017.

G-Eazy (Tokoh film kartun Hey Arnold!)

Gambar tokoh film kartun Hey Arnold! Ini sempat mengarahkan dugaan pada The Weeknd, kami sendiri sempat mengira penyanyi soul, Sampha. Ia baru merilis album yang cukup meraih perhatian, dan pada bulan Juli mendatang ia akan menjadi salah satu penampil Fuji Rock Festival 2017 (Jepang). Tapi dugaan atas nama Sampha terpaksa kami buang setelah melihat jadwal beliau di tanggal 11 Agustus 2017 telah masuk lineup Flow Festival Finlandia.

Akhirnya kami menelusuri nama tokoh dalam film kartun Hey Arnold! tersebut yang bernama Gerald Martin Johannsen, dugaan kami seketika mengarah pada rapper G-Eazy yang memiliki nama asli Gerald Earl Gillum. G-Eazy juga sudah memastikan tampil pada Summer Sonic Festival 2017.

Cat Power (Tanda tangan)

Salah satu kode yang cukup jelas karna merupakan tanda tangan otentik dari Cat Power. Silahkan klik link ini “Cat Power Autograph” jika tak percaya.

Justice (Lukisan “The Creation of Adam”)

“The Creation of Adam”, hasil karya Michelangelo.
“The Creation of Adam”, hasil karya Michelangelo.

Lukisan ini berjudul “The Creation of Adam”, hasil karya Michelangelo. Seri lukisan ini dipajang di Sistine Chapel, dan merupakan interpretasi Michelangelo atas “Book Of Genesis”. Seketika nama Justice muncul dalam kepala. “Genesis”  adalah single grup elektronik ini pada album “Cross” (2007). Dan jika anda telah memeriksa lineup Summer Sonic Festival yang kami beritakan sebelumnya, dugaan memang semakin mengarah pada Justice.

RAGU-RAGU

Kami tak mau sesumbar berhasil menduga kesepuluh #KodeWTF17. Ada dua kode dimana kami cukup ragu-ragu ke arah mana kode itu bermuara.

False Alarm (Gambar alarm coret)

Ada dua single sedang hits berjudul “False Alarm”. Pertama milik The Weeknd, single dari album Starboy dengan videoklip berdarah-darahnya. Kedua single Matoma & Becky Hill yang juga tengah mendapatkan perhatian.

Blue (Biru)

Dari sekian banyak prasangka nama, kami akhirnya ragu antara Troye Sivan dengan album “Blue Neighbourhood” atau “Blue Album” milik Lukas Graham. Nah, pelantun hits “7 Years” ini sudah mengkonfirmasi namanya pada Fuji Rock Festival 2017.

TIDAK YAKIN

Bendera Norwegia

Dengan hanya memberikan petunjuk bendera Norwegia, nama yang muncul cukup banyak. Ada Kygo, atau Kings Of Convenience yang memang sudah lama tidak berkunjung kembali ke Indonesia. Namun jika anda memilih nama Aurora, sayangnya penyanyi solo asal Norwegia ini terlebih dahulu telah memastikan ambil bagian di Grape Festival Slovakia tanggal 11 – 12 Agustus 2017.

Burung Hantu

Memang cukup mudah mengarahkan kode pada Owl City, tapi Adam Young tidak sedang dalam masa promosi album Owl City. Di akun twitternya ia malah sibuk mencuit foto-foto burung. Kami mencoba melakukan pencarian dengan gambar hingga menemukan sumber gambar yang digunakan #KodeWTF17 . Dengan kata kunci “Night Owl” kami teringat salah satu lagu milik Metronomy, tapi setelah kami memeriksa kalender, seperti halnya Aurora, Metronomy pun masuk lineup Grape Festival Slovakia 2017.

Demikianlah dugaan-dugaan kami terhadap #KodeWTF17 lineup fase pertama. Tulisan ini ternyata cukup panjang dan menyentuh 800 kata lebih. Semoga saja akun We The Fest tak buru-buru memberikan jawaban.
(VERD)

Tags
Show More

Noverdy Putra

Baperians, Meta-fetcher, pelahap segala, kecuali mantan.
Close
Close