Album ReviewsFeaturedReviews

Mendengarkan Jens Lekman Bercerita Tentang Kisah-Kisah Kehidupan “Life Will See You Now”.

Jens Lekman pencerita yang handal. Ia mampu mengisahkan hal-hal yang ringan dengan balutan musik yang tak pula rumit. Kita diajarkan iman dan keyakinan.

Jens Lekman adalah pencerita yang handal. Ia mampu mengisahkan hal-hal yang ringan dengan balutan musik yang tak pula rumit. Kendati sebelum perilisan album “Life Will See You Now” ia sempat curhat segala hambatan yang ia hadapi dalam proses pengerjaan album ini. (baca: Jens Lekman Umumkan Album Baru “Life Will See You Now” )

Mendengarkan Jens Lekman Bercerita Tentang Kisah-Kisah Kehidupan “Life Will See You Now”.
Dari seorang pria Swedia, kita diajarkan tentang keyakinan.

Saya pribadi menganggap album ini adalah sebuah kisah yang sempurna. Dalam sebuah imajinasi liar, saya mengajak seorang gadis untuk mendengarkan album ini bersama. Sesekali mata kami akan bertatapan, menyunggingkan tawa, menyemburkan kebahagiaan mendengar beragam tema cerita Jens Lekman.

Ah, daripada khayalan saya menjadi-jadi. Kita membahas beberapa kisah-kisah yang dibawa Jens pada album ini. Tentu anda telah mendengar kisah baper akibat pengharum badan dalam “What’s That Perfume That You Wear?”. Sebuah cerita yang tak perlu terjadi jika Jens berkunjung ke Paledang (Bandung), tentu aa’ penjaja parfum disana bisa memberikan jawaban.


“To Know Your Mission” adalah trek pembuka yang tepat. Sekaligus pembuka konser yang tepat. Jens sempat merasa tertekan saat tur beberapa tahun lalu, penonton hanya menantikan lagu dari album debutnya. Tapi dengan lagu ini, ia tak perlu lagi cemas. Tema lagu ini mempertanyakan keyakinan, alih-alih menjadi lagu religi, Jens seperti menyuarakan apa yang kita rasakan. Sebagai generasi domba-tersesat. Mencari-cari untuk apa kita terdampar di dunia. “To have a dream / A GPS in your heart / A path to follow / Through the dark”.

Jens tidaklah menye-menye ketika membicarakan tumor misalnya, pada “Evening Prayer” ia menggunakan perumpamaan kesekarangan. “And he prints out a model of the tumor”. Lalu “He puts the tumor on our table / Says, “So, this is what caused all my fears”. Ada optimistik-realistik dalam sebuah doa versi Jens Lekman.

Pada seri lagu kartu pos “Postcard #17”, Jens lagi-lagi menggelitik iman. Tidak, saya tidak sedang berusaha mengundang rekan-rekan ormas pemarah ke halaman ini. Hal-hal gaib memang menjadi keseharian kita, apalagi di Indonesia, terkadang kita memutuskan takut pada hal-hal yang justru kita tak pernah tahu. Jens Lekman, seorang penyanyi asal Swedia yang justru berusaha menenangkan. “You say: “Is that what I was scared of?” / Fucking ridiculous / It’s fucking ridiculous”.

Jika bagi sebagian anda yang pernah mendengarkan Jens Lekman, dan beranggapan suara kebapakan adalah sebuah ciri utama. Bukan berarti ia akan selalu menjadi seolah-olah kakak pembina pramuka. Berduet dengan Tracey Thorn pada “Hotwire the Ferris Wheel”, ia tengah mengajak kita melakukan tingkat kenakalan yang mampu membawa kita berurusan dengan satpol pp. “Let’s do something illegal / Let’s get ourselves in trouble / Let’s just live a little”.

Dalam balutan pop retro kisah-kisah “Life Will See You Now” mengalir dengan cepat. Mendadak apapun perubahan tempo musik yang muncul, bunyi conga yang menyembul, orkestrasi minimalis yang tidak mendramatisir melengkapi segalanya. Kita akhirnya hanya berfokus pada kisah-kisah yang diceritakan. Musik bagi Jens seperti kendaraan yang ia tumpangi guna menyampaikan cerita.

Seharusnya rona bahagia akan terpajang saat mendengarkan album ini. Begitu pula dengan gadis dalam imajinasi liar yang saya perdengarkan album “Life Will See You Now”. Ia sesekali akan tertunduk malu, memegang ujung gaunnya. Saat tatapan kami kembali beradu, saya tahu kemana tujuan hidup saya akan berlabuh. Meski pertanyaan utamanya adalah sampai kapan gadis itu hanya ada dalam impian saya?

(VERD)

Band: Jens Lekman
Album: Life Will See You Now
Rilis: 17 Februari 2017
Label: Secretly Canadian

Jens Lekman - “Life Will See You Now”

Band: Jens Lekman Album: Life Will See You Now Rilis: 17 Februari 2017 Label: Secretly Canadian

User Rating: Be the first one !
Tags
Show More

Noverdy Putra

Baperians, Meta-fetcher, pelahap segala, kecuali mantan.
Back to top button
Close