FeaturedMusicNew ReleasesVideo Post

London Grammar Kembali Membawa Mendung.

Tiga tahun berselang, single terbaru trio London Grammar “Rooting For You” masih penuh suasana mendung.

Empat tahun berselang sejak rilis debut album berjudul If You Wait yang sukses, nyaris tak ada materi baru dari London Grammar. Membuka tahun 2017, kelompok berformat trio ini akhirnya kembali merilis single baru berjudul “Rooting For You”.

London Grammar Kembali Membawa Mendung
Empat tahun berlalu, trio London Grammar merilis single terbaru “Rooting For You” yang masih penuh suasana mendung.

Dan sepertinya suasana mendung tak kunjung hilang diatas langit gubahan mereka. “Rooting For You” masih mengedepankan vokal dramatis milik Hannah Reid. Versi live yang mereka bagikan melalui akun youtube lebih dramatis dan melankolis. Reid bahkan bernyanyi “sendiri” pada bagian awal. Sementara versi studio tidak seterpuruk –jika hendak mengatakan demikian- versi live. Petikan gitar –meski pelan- menemani vokal Reid sejak awal, menghindarkan suasana “Rooting For You” seperti sebuah ballad penuh nelangsa.

Memang terlalu cepat jika menyimpulkan materi album kedua London Grammar akan kembali mengundang kantuk seperti ulasan debut album mereka. Secara musikalitas tentu garapan Dominic ‘Dot’ Major serta Dan Rothman, personil London Grammar, seharusnya tak perlu diragukan. Setelah rilis album debut September 2013, mereka memang kerap hadir meng-cover beberapa lagu populer di berbagai kesempatan penampilan, memberikan sentuhan tersendiri terhadap lagu yang mereka bawakan ulang.

Saya pribadi justru malah nyangkut dengan beberapa versi remix materi album “If You Wait”. Ketika diinterpretasikan ulang dengan ketukan minimalis ala-ala Majestic Casual, serasa lebih cerah. Pendapat saya ini dibuktikan dengan rilisnya mini-album “If You Wait” versi remix tahun 2014, dan beberapa versi remix lain yang bertebaran di dunia maya.


Saya tak hendak mengatakan bahwa nuansa murung yang mereka kembali usung adalah pilihan yang membosankan. Saya hanya tak ingin London Grammar menjadi pengumpan terbaik jedag-jedug-selow penutup pesta menjelang pulang.

Hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut kapan tepatnya album kedua London Grammar akan dirilis. Namun trio ini dipastikan tak akan sendiri menaungi langit mendung 2017. Setelah 5 tahun, band The XX akan merilis album terbaru pada 13 Januari 2017.
(VERD)

Tags
Show More

Noverdy Putra

Baperians, Meta-fetcher, pelahap segala, kecuali mantan.
Close
Close