New ReleasesEntertainmentFeaturedMusicNews

Coldplay Meluncurkan Album Kesembilan Berjudul Music of the Spheres

Sebuah bukti bahwa Chris Martin cs tak berhenti bereksplorasi dan kolaborasi disetiap album yang mereka rilis. Dan pandemi tidak membuat mereka menjadi petani atau alih profesi, mereka tetap musisi yang kita kenal.

Kuartet asal Britania, akhirnya merilis album ke-9 mereka pada Jumat (15/10/2021) berjudul Music of The Spheres. Sebelumnya mereka melepas 3 single terlebih dahulu yaitu “Higher Power” pada Mei lalu, disambung dengan “Coloratura” pada bulan Juli, kemudian lagu bertajuk “My Universe” meluncur di bulan September kemarin dengan menggandeng pop star asal negeri ginseng, BTS.

Album ini terdiri dari 12 lagu, selain 3 lagu yang sudah lebih dulu mengudara, 9 lagu sisa diantaranya “Music of the Spheres”, “Humankind”, “Alien Radio”, “Let Somebody Go”, “Human Heart”, “People of the Pride”, “Biutyful”, “MOTS 2”, dan “Infinity Sign”.

Dalam album ini, cs mengusung tema science fiction seperti dalam trailer overtura dan beberapa single yang diluncurkan sebelumnya. Album ini dibuka dengan lagu “Music of the Spheres” sebagai intro. Trek ini mengantar kita untuk ikut serta menjelajahi jagat raya. Ambience yang dibangun begitu identik dengan adegan di dalam kabin starship yang berhasil mengudara, menembus batas galaksi menuju dunia lain dalam film fiksi ilmiah luar angkasa. Synth dan beberapa sempalan suara radio komunikasi membuat trek ini begitu terasa “spacey”.

Kemudian dilanjutkan dengan “Higher Power” sebagai trek kedua. Progresi vokal Chris Martin, synth, dan snare-kick yang menghentak begitu identik dengan pop eighties. Selain menjadi lagu pertama dalam album ini yang dirilis di YouTube, sesuai dengan tema jagat semesta yang diusung, lagu “Higher Power” juga diputar di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan tautan khusus. Unik sekali.

Dalam album ini, selain BTS, juga menggandeng kolaborator lain yaitu dalam “Let Somebody Go”, dan We Are KING bersama Jacob Collier dalam lagu “Human Heart”.

Selanjutnya pendengar disuguhkan nuansa dalam lagu “People of the Pride”. Kemudian berlanjut pada “Biutyful” yang dibuka oleh vokal dengan pitch tinggi sebagai verse pertama. Diselangi oleh trek “MOTS 2”, bersambung ke lagu paling “sing-along” dalam album ini, “My Universe” bersama BTS. Pengalaman meriah dalam lagu ini didukung dengan hook yang menjebak telinga. Diantar menuju akhir dengan “Infinity Sign”, akhirnya perjalanan angkasa bersama mendarat di “Coloratura”, lagu terpanjang nan kaya instrumen dalam album ini.

Music of the Spheres adalah album yang memantik rasa penasaran penggemarnya, mulai dari mempertanyakan bagaimana cara menyebut lagu dengan judul emoji, atau bahkan tentang eksperimen yang dicoba oleh dalam album ke-9 ini.

Music of the Spheres sudah bisa didengarkan di berbagai platform digital.

Coldplay Meluncurkan Album Kesembilan Berjudul Music of the Spheres 1
Show More

Muhamad Rizqi

Menulis adalah bumbu untuk hidup yang begini melulu.
Back to top button