News

SETELAH 12 TAHUN, WALTER GERVERS MUNDUR DARI FOALS

Di tengah persiapan album kelima, Foals mengumumkan perpisahan dengan bassist mereka, Walter Gervers.

Foals, band indie rock asal Oxford, Inggris Raya, secara mengejutkan memposting sebuah foto surat dengan tulisan tangan di laman media sosial mereka yang menyatakan mundurnya sang bassist, Walter Gervers. Berkarya bersama semenjak terbentuk pada tahun 2005, Foals berhasil membuktikan eksistensi mereka dengan merilis sejumlah hits seperti Mathletics (bonus track dalam album Antidotes, 2008), Spanish Sahara (album Total Life Forever, 2010), dan Inhaler (album Holy Fire, 2013).

Dalam surat penyataan tersebut tidak dijelaskan alasan khusus perihal mundurnya Walter dari band tempatnya bernaung selama 12 tahun. Secara diplomatis, Foals hanya menjelaskan bahwa Walter “leave the band to pursue a new life”. Masih dalam surat yang sama, meskipun sudah tidak menjadi bagian dari band ini lagi, Walter akan tetap menjadi teman mereka dan berharap yang terbaik untuk masa depannya. Sebuah pernyataan yang tidak kalah diplomatis dan normatif. Merunut naik-turun perjalanan yang telah mereka lalui, dimulai dari sebuah van kecil hingga berhasil tampil di Pyramid Stage (Festival Glastonburry), Foals mengibaratkan kehilangan Walter sebagai “It’s the end of chapter but not the end of the book”.

Selain menyampaikan kabar buruk bagi pendengarnya, dalam surat tersebut terselip pula kabar baik sebagai obat pelipur lara. Foals secara resmi mengonfirmasi bahwa saat ini mereka sedang dalam proses pengerjaan album kelima. Meskipun tanpa Walter, Foals akan tetap melanjutkan penyusunan konsep untuk album terbaru dan mengatakan bahwa ini akan menjadi album terbaik setelah album “What Went Down” yang dirilis pada tahun 2015.

Terkait dengan proses pengerjaan album terbarunya, Yannis Philippakis—vokalis cum gitaris Foals—dalam sebuah wawancara dengan NME mengatakan bahwa “We have a couple of bits written but it’s in the very early stages. We’re in the conception stage, we’re not pregnant yet, we’re just trying to have the kid. It’s important for bands to evolve and I think it’s one of the reasons that it’s still exciting for us after having done four records”. Melihat optimisme dari Mas Yannis ini, Foals masih jauh dari kata usai meskipun kehilangan Walter.

[FOP/KCK]
Source
DIY
Tags
Show More
Close
Close