News

Berkonflik, Haim Batalkan Tur Eropa

Parapop – Melalui announcement di official fanpage Facebook mereka pada Rabu (20/7/2016) lalu, kelompok musik membatalkan rangkaian tur musim panas di benua Eropa. Trio bersaudari ini terpaksa mengambil keputusan itu karena adanya konflik waktu antara jadwal tur Eropa dengan durasi pengerjaan materi album baru mereka.

“Kami tadinya memperkirakan recording akan segera rampung (sebelum tur Eropa), namun nyatanya proses ini kini ada pada titik kritis untuk diselesaikan dan mengharuskan kami untuk tetap berada di sini hingga benar-benar tuntas,” terang band asal Los Angeles, Amerika Serikat itu dalam pernyataan yang diunggah pukul 15.45 WIB.

Haim pada rentang Agustus dan September 2016 ini sejatinya akan bermain dalam beberapa festival Benua Biru yakni Way Out West (Gothenburg, Swedia), Tivoli (Copenhagen, Denmark), Oya Festival (Oslo, Norwegia), Frequency (Saint Polten, Austria), Zurich Open Air (Zurich, Swiss), Reading & Leeds Festival (Reading & Wetherby, Inggris), dan Electric Picnic (Castlegregory, Irlandia). Pembatalan ini sontak mendapat reaksi kekecewaan dari sejumlah penggemar Haim di Eropa. Pasalnya, mereka telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sejak jadwal dan tiket tur Eropa dirilis beberapa bulan lalu.

Berkonflik, Haim Batalkan Tur Eropa
Berkonflik, Haim Batalkan Tur Eropa

“Saya begitu sedih. Saya telah membeli tiket untuk menyaksikan kalian di Way Out West yang merupakan kesempatan berharga bagi saya karena kalian tak kunjung datang ke negara asal saya. Siapa sebenarnya yang menekan kalian untuk segera menyelesaikan album baru kalian alih-alih menjalankan agenda tur yang telah ada?” respons Camila Brandao Guedes asal Brazil, yang ikut diamini oleh 117 orang lain di laman Facebook Haim. Sejak awal tahun ini Haim telah menyelesaikan 19 konser, namun itu semua digelar di kawasan Amerika Serikat dan Kanada.

 

 

Pembatalan jadwal tur sebenarnya telah lumrah dalam dinamika industri musik, terlebih untuk tur yang dilakukan ke mancanegara. Sejumlah alasan menjadi pertimbangan pembatalan, mulai dari permasalahan administrasi dan komunikasi event organizer, situasi keamanan di negara tujuan, hingga penolakan masif dari ormas (organisasi masyarakat) seperti yang dialami oleh Lady Gaga pada Juni 2012 silam di Jakarta.

Yang dihadapi , , dan memang tidak seburuk Lady Gaga yang ditolak ormas. Namun pembuatan album kedua ini tampaknya memang menyita waktu lebih intens karena mereka menginginkan album yang lebih “organik”. Haim kini menghabiskan hari-hari lebih banyak di ruang tengah rumah orang tua mereka untuk menggali lebih dalam memori-memori lama ketika pertama kali bermain band yang bermula dari ruang tengah itu.

“Sungguh sangat emosional saat kami kembali lagi ke ruangan ini seperti dulu dan memulai album kedua kami dari sini,” sebut Este seperti yang pernah dilansir Rollingstone.com. (NME/ROLLINGSTONE/ALDO)

Berkonflik, Haim Batalkan Tur Eropa 1
Tags
Show More
Back to top button
Close