Tonton Penampilan Magis Sigur Rós Bersama Los Angeles Philharmonic.

Konser nan memukau dari panutan post-rock Islandia. Sigur Rós yang kini berformat trio diiringi Los Angeles Philharmonic Orchestra di Walt Disney Concert Hall 14 April 2017 lalu.

Semenjak Kjartan “Kjarri” Sveinsson memutuskan mundur dari Sigur Rós empat tahun lalu, maka unit post-rock asal Islandia ini mantap untuk tampil dalam format trio pada berbagai konsernya. Namun, beberapa orang penggemar yang mencurahkan isi hati melalui laman web www.sigur-ros.co.uk merindukan format personil nan ramai.

Menjawab kerinduan tersebut, Pitchfork merilis film konser penuh berdurasi 103 menit penampilan Sigur Rós bersama Los Angeles Philharmonic di Walt Disney Concert Hall yang dilangsungkan 14 April 2017 lalu. Sebuah penampilan yang memukau panca indra sekaligus.

Sigur Rós membagi konser tersebut dalam dua bagian. Bagian pertama komposisi Jonsi dan kawan-kawan ditemani orkestrasi Los Angeles Philharmonic nan agung. Beberapa aransemen yang turut serta pada bagian pertama yang menggugah ini digubah nama-nama komponis seperti Deacon (“Festival”), Meredith (“Fljótavík”), and Daníel Bjarnason (“Á”).

Selanjutnya Sigur Rós tampil secara tunggal dan kita harus kembali mempertanyakan apakah benar anggapan segelintir penggemar mereka yang merindukan format band ini sebelumnya. Meski bertiga, Jón Þór “Jónsi” Birgisson, Georg “Goggi” Hólm, dan Orri Páll Dýrason tetap menggugah sanubari. Bahkan untuk saya atau kita yang menonton dari seberang layar komputer, konser ini membius dengan magis. Puncaknya adalah lagu penutup “Popplagið,” alias “Untitled 8” berdurasi 11 menit yang tak kasih kendor, intens, apik-bin-epik secara audio maupun visual.

Selamat menonton!

Setlist konser Sigur Rós Bersama Los Angeles Philharmonic;

With the Los Angeles Philharmonic:

0:00 – Á
7:39 – Ekki Múkk
15:24 – Takk…
17:45 – Glósóli
24:00 – Hrafntinna
30:30 – Niður
35:50 – Fljótavík
40:00 – Starálfur
45:47 – Festival

Sigur Rós solo:

54:20 – Sæglópur
1:01:30 – Ný Batterí
1:09:40 – Vaka
1:16:23 – E-Bow
1:25:25 – Kveikur
1:31:20 – Popplagið
(VERD)

Noverdy Putra
Follow Verd

Noverdy Putra

Baperians, Meta-fetcher, pelahap segala, kecuali mantan.
Noverdy Putra
Follow Verd

Comments

comments