Sudahi Puasa Satu Dekade, Cornelius Rilis Album “Mellow Waves” Tengah Tahun 2017.

Tahun 2017 menjadi pilihan banyak musisi untuk lahir kembali. Cornelius, musisi cum produser asal Jepang kembali merilis album setelah sebelas tahun berlalu.

Jika nama-panggung Cornelius cukup asing bagi anda, apalagi nama asli pria asal Jepang ini, Keigo Oyamada. Maka izinkan saya sedikit bercerita tentang bapak satu anak ini.

Pertemuan saya dengan karya beliau bisa disebut tidak sengaja. Ketika beberapa tahun silam mendalami materi dasar-dasar indie dengan mendengarkan Kings Of Convenience, saya mendapatkan sebuah lagu berjudul “Omstart” milik Cornelius yang menampilkan suara Eirik dan Erlend dari KoC.

Demi menjadi groupies sejati KoC, saya mendengarkan album penuh Cornelius berjudul “Sensuous” yang rilis tahun 2006 silam. Lewat sebuah album yang luar biasa ini, Keigo membuktikan diri sebagai seorang musisi cerdas-jenius-gemilang. Saya tidak berusaha hiperbola. Tahun itu saya keranjingan musik-elektronis. Gitar sendu vokal kebapakan tak lagi mampu memuaskan hasrat sanubari-indies saya.


Cornelius bergerak memberi pengalaman secara audio maupun visual ditiap pertunjukannya. Setidaknya itu yang saya baca dari beberapa ulasan tentang Cornelius. Hingga akhirnya waktu berlalu dan kita semua akan terlupakan dan melupakan.

Satu-satunya yang membekas adalah “Toner” dari album tersebut. Sebuah komposisi yang dibangun dari bunyi kerja sebuah mesin printer. Setiap kali mendengar printer berderit, saya teringat akan lagu ini. Namun entah kenapa Cornelius tak lagi saya kejar, padahal ia muncul sebagai salah satu pengisi soundtrack pada film “Scott Pilgrim vs. the World” (2010).

Secara karir pribadi, ternyata Keigo Oyamada masih menyibukkan diri dengan berbagai project. Namun sebagai Cornelius, album “Sensuous” masih menjadi yang terakhir. Ia memang sempat merilis ulang beberapa album terdahulu, tapi tetap belum ada album baru.

Hingga akhirnya, pada tahun ini Cornelius kembali dengan album baru berjudul “Mellow Waves”. Sebuah album yang dinantikan penggemar beliau selama satu dekade. Guna memberi petunjuk seperti apa rupa album ini, Cornelius merilis single pertama “あなたがいるなら (If You’re Here)” pada 26 Mei 2017 silam.

Cornelius masih memanjakan penggemarnya secara audio maupun visual. Pada videoklip yang telah rilis di laman youtube beliau, lagu bernafas jazzy-elektronis ini memainkan sensasi audio sekeliling (surround). Untuk urusan video juga tidak kalah istimewa, digarap oleh Koichiro Tsujikawa yang mampu menghadirkan sensasi visual objek 3D yang bertransformasi sesuai irama lagu

Album Cornelius “Mellow Waves” akan rilis versi CD & digital pada 28 Juni 2017 di Jepang, dan 21 Juli 2017 versi digital secara global. Album ini dirilis oleh Rostrum Records.

Sampul album Cornelius “Mellow Waves”:

Sudahi Puasa Satu Dekade, Cornelius Rilis Album “Mellow Waves” Tengah Tahun 2017.
Tahun 2017 menjadi pilihan banyak musisi untuk lahir kembali. Cornelius, musisi cum produser asal Jepang kembali merilis album setelah sebelas tahun berlalu.

Daftar lagu Cornelius, album “Mellow Waves”:

  1. If You’re Here
  2. Sometime / Someplace
  3. Dear Future Person
  4. Surfing on Mind Wave pt 2
  5. In a Dream
  6. Helix / Spiral
  7. Mellow Yellow Feel
  8. The Spell of a Vanishing Loveliness
  9. The Rain Song
  10. Crépuscule

(VERD)

Comments

comments