Akhirnya kesampaian juga, maksud dan keinginan hati untuk bercerita tentang musisi multi-kolaborator, Chaz Bundick. Tahun lalu saya tak sempat mengulas album live bertajuk “Live From Trona” dari proyeknya yang lebih familiar bagi sebagian telinga, Toro y Moi (Baca: TORO Y MOI AKAN MERILIS ALBUM LIVE BESERTA FILM KONSER, DAN KITA HARUS MENGURUT DADA ).

Album “Live From Trona” memang rilis duluan pada 5 Agustus 2016, terdapat sebuah trek berjudul “JBS” yang melibatkan The Mattson 2. Akhir bulan lalu, album kolaborasi pria bernama asli Chazwick Bradley “Chaz” Bundick dengan duo-jazz kembar-bersaudara Jared Mattson (gitar) dan Jonathan Mattson (drum) dirilis dengan judul Star Stuff dan kita berkesempatan (akhirnya) mendengarkan “JBS” versi studio yang menurut saya lebih magis.


Star Stuff menjadi judul album sekaligus single pertama. Dengarkan kekayaan instrumental sepanjang lagu ini. Gitar Jared tak henti meraung-raung menemani vokal Chaz yang polos-tak-berdosa. Istimewa.

Dalam pengakuannya pada wawancara terpisah dengan COS, Chaz menyebutkan pendekatan berbeda ia gunakan dalam pengerjaan album ini. Album ini begitu terasa sekali kebebasan jamming-nya. Kembar identikal Jared dan Jonathan dibiarkan menggali materi, sementara Chaz mencari ruang untuk mengisi dengan berbagai instrumen yang ia kuasai. Mengenai minimnya lirik dalam album ini, (praktis hanya “Star Stuff”, “JBS”, dan “Don’t Blame Yourself” yang berlirik, sisanya adalah nomor instumentalia) Chaz Bundick mengaku malas tanpa sebab yang jelas menjadi biang keladinya.

Chaz Bundick Meets The Mattson 2 – “Star Stuff” Cover Album
Minim lirik bukan masalah. Eksplorasi bunyi-bunyian magis dari proyek tahun lalu Chaz Bundick dan duo-jazz-bersaudara The Mattson 2.

Ketukan drum Jonathan mendapat ruang tersendiri pada “Disco Kid”, dibagian tengah lagu nuansa pelan-pelan berubah, sementara dibagian akhir petikan gitar Jared mengalir liar, sungguh sangat psikedalia!

Jika generasi pendahulu saya akan memainkan jemari ala gitaris saat mendengar nomor-nomor heavy metal, saya tak berhenti seolah-olah menjadi pemain gitar, keyboard, dan pemain drum mendengarkan album ini. Dalam tumpukan berkas album baru yang sedang saya dengarkan album “Star Stuff” memang membangunkan semangat tersendiri.

Chaz Bundick sekali lagi membuktikan diri sebagai seorang multi-kolaborator. Ia mampu memberikan ruang eksplorasi pada The Mattson 2. Minimnya lirik bukanlah sebuah kekurangan, namun justru sebagai bentuk pemberian ruang ekstra untuk penggalian instrumen lebih jauh. Chaz tak memaksa ribut dengan efek-efek elektronis, ia memberikan sentuhan tepat, seperti penanda, i was there.
(VERD)

Band: Chaz Bundick Meets The Mattson 2
Album: Star Stuff
Rilis: 31 Maret 2017
Label: Company Records

Noverdy Putra
Follow Verd

Noverdy Putra

Baperians, Meta-fetcher, pelahap segala, kecuali mantan.
Noverdy Putra
Follow Verd

Comments

comments