Merasakan Night + Day Festival Dari Jauh

2 Minggu setelah Night + Day festival usai, kita dapat mulai menikmati sedikit demi sedikit keriaan di salah satu sudut kota London.

Sedari awal ketika Night + Day Festival besutan The XX diumumkan, kita yang berada nun jauh dari O2 Brixton Academy hanya bisa membayangkan imajnasi liar saat mengunjungi laman khusus http://nightanddaybrixton.thexx.info/. Lengkap benar segala macam keriaan yang disiapkan trio Jamie, Romy dan Oliver disepanjang minggu.

Selama tujuh malam berturut-turut Night + Day Festival digelar untuk “berhari-raya” bagi The XX di kota favorit mereka. Tahun 2013 lalu, Night + Day Festival mengunjungi Berlin dan Lisbon. Di Tahun 2017, Brixton (London) menjadi kota yang menjadi saksi bagaimana The XX berkolaborasi dengan musisi sahabat mereka maupun beragam musisi pendatang baru.

Residensi dari tanggal 8 Maret 2017 hingga 15 Maret 2017 ini menampikan nama-nama berikut (secara berurutan): Sampha, Joy Orbison, Kelela, Ben UFO dan Beatrice Dillon, Robyn, RMX Live + Benji B, Francis and the Lights + Floating Points (DJ set), Cat Power (solo), Jehnny Beth (solo piano), Siren DJs, The London Contemporary Orchestra Performs Mica Levi + Daniel Brandt (DJ set), Floating Points dan Gilles Peterson.

Tidak hanya konser, festival “siang malam” ini juga dijadikan ruang bagi The XX untuk berinteraksi dengan kota Brixton itu sendiri. Ada “Pasca-Pesta” di klab-klab lokal Brixton, ada pemutaran film kesukaan The XX yang dikelola oleh The Whirled Cinema, setiap hari The XX pun berkolaborasi dengan radio lokal Reprezent Radio untuk satu sesi khusus selama satu jam dengan bintang tamu festival.


Night + Day Festival membuktikan sebuah kegiatan festival musik tidak melulu sedemikian “hedon” dan “acuh” dengan lingkungan sekitar. Dalam salah satu edisi program khusus Reprezent Radio untuk Night + Day Festival, Robyn cukup terkaget dengan antusiasme penonton. “ada penonton (di balkon) yang pergi bersama orang tua mereka, sepertinya mereka baru pertamakali datang ke klab..”.

Selain memang menghadirkan nama-nama besar di panggung The XX, seperti Florence Welch, Robyn, Cat Power dan Jehnny Beth yang membuat penampilan The XX setiap malam menjadi spesial, Night + Day Festival juga berupaya untuk mendukung komunitas-komunitas lokal di Brixton, London.

Pertunjukan The XX menjadikan Night + Day festival membekas bagi penonton yang hadir, maupun kita yang melihat dari jarak jauh, tapi apa yang dilakukan festival ini untuk komunitas di kota Brixton menjadikannya tertambat dihati.

(VERD)

Noverdy Putra
Follow Verd

Noverdy Putra

Baperians, Meta-fetcher, pelahap segala, kecuali mantan.
Noverdy Putra
Follow Verd

Comments

comments