“Memanggil Kembali David Bowie”

Parapop – “Rebel Rebel” milik David Bowie adalah sebuah lagu yang memantik kepopuleran era dan gaya “Glam Rock” dalam industri musik dunia. Dalam lagu tersebut, Bowie menggambarkan sebentuk protes seorang anak lelaki pada orang tuanya melalui ekspresi penampilannya. Bocah itu memilih makeup yang menor dan pakaian feminine sebagai senjata protesnya. Sejak awal tahun 70-an, Bowie tak jarang mengutarakan topik seksualitas sebagai salah satu favoritnya, terkhusus dalam proses penciptaan karya lagu hingga alter ego-nya yang bernama Ziggy Stardust.

David Bowie - Rebel Rebel
“Memanggil Kembali David Bowie”

“Rebel Rebel” pertama kali dirilis pada tahun 1974 dalam album Diamond Dogs. Lagu itu tak butuh waktu lama untuk berada di papan atas tangga lagu Inggris dan Amerika Serikat. Bahkan lagu ini menjadi semacam glam anthem karena liriknya.

Tak hanya dari sisi lirik, lagu ini juga menyimpan cerita pada sisi musikalisasinya. Menurut Alan Parker yang sering menjadi pengisi gitar untuk David Bowie, lagu tersebut sengaja diberi sedikit nuansa Rolling Stones. Hal ini tak lain hanya agar Mick Jagger merasa kesal dengan Bowie. “Saya sengaja membuat riff ini sedikit terdengar seperti Rolling Stone, saya ingin Mick sedikit kesal,” ujar Bowie seperti yang diutarakan Parker pada Uncut.co.uk beberapa tahun lalu. Beberapa bulan setelah kematian Bowie, Mick Jagger mengungkapkan bahwa ketika muda, mereka berdua memang sering berkompetisi satu sama lain.

Belakangan, “Rebel Rebel” kembali menjadi buah bibir karena “ulah” Rockin’1000, sekelompok musisi asal Italia yang mengklaim diri mereka sebagai band terbesar di dunia. Secara harfiah, klaim tersebut memang tak terbantahkan karena band itu terdiri dari 1.000 orang musisi dengan berbagai instrumen musik. Anda barangkali masih ingat ketika video mereka yang membawakan lagu “Learn To Fly” milik Foo Fighter menjadi viral di media sosial pada tahun 2015 lalu.


Pada bulan Juli lalu, Rockin’1000 kembali berisik. Mereka, tepatnya 1.200 musisi, membuat konser di stadion Orogel, Cesena. Hampir 14 ribu orang menonton konser tersebut, termasuk Perdana Menteri Italia Matteo Renzi. Dalam konsernya itu, Rockin’1000 meng-cover 17 lagu rock populer dari masa lalu, termasuk “Rebel Rebel” milik Bowie. Mereka juga mengabadikan “Rebel Rebel” dalam konser itu menjadi sebuah klip video yang berdurasi delapan menit. Anda sendiri sudah dapat menyaksikannya secara HD di Youtube.

Tahun lalu lalu, berkat video cover “Learn To Fly”, mereka berhasil membuat Foo Fighter datang untuk konser di Cesena. Nah, apakah kini mereka mampu “memanggil” sang legenda kembali ke dunia fana karena lagu “Rebel Rebel” ini? Hhmm, ada salam dari planet bumi untukmu, Bowie!
(AN/UC/ALDO)

Aldo Fenalosa
Follow Aldo

Aldo Fenalosa

Aldo adalah pria yang terobsesi dengan perjalanan dan percaya dengan pepatah kuno Minang yang berbunyi "alam takambang manjadi guru".
Aldo Fenalosa
Follow Aldo

Comments

comments